Bappeda Maratonkan Kerja Forum Kota Sehat

Bappeda menggelar rapat cepat bersama forum kota sehat, Jumat (28/07/2017) dalam rangka membahas persiapan penilaian kota sehat tingkat pusat. Pertemuan ini dihadiri oleh forum kelurahan, forum kecamatan dan forum tingkat kota.

“Kita harus segera bergerak, benahi forum sebaik mungkin, siapkan segala dokumen, karena tim verifikasi akan segera turun ke Parepare,” tegas Zulkarnain, ST, M.Si, Kabid Perencanaan Wilayah dan Ekonomi Bappeda

Tim verifikasi kota sehat dijadwalkan berkunjung ke Kota Parepare awal Agustus mendatang. Melalui pertemuan ini, Bappeda mengidentifikasi kembali agenda kerja forum yang belum tuntas serta mendesak forum memaksimalkan persiapan dirinya untuk dinilai. Dalam penilaian kota sehat, dukungan forum menjadi salah satu agenda penilaian yang mengambil poin cukup besar.

Forum kota sehat merupakan media pemberdayaan masyarakat untuk mengajak masyarakat membangun pola hidup dan pola pikir yang sehat. Forum ini berperan melibatkan masyarakat secara langsung dalam berbagai aktifitas lingkungan maupun aktifitas klik4d lainnya yang bertujuan untuk membangun pola hidup bersih dan sehat.

“Intinya sebenarnya adalah bagaimana mengajak masyarakat mengubah perilaku, mengubah mindset, bahwa hidup itu harus dijalankan secara sehat. Tanpa adanya pola pikir yang benar tentang cara hidup sehat, mustahil hidup sehat akan bisa diwujudkan,” tambah Zulkarnain

Penyelenggaraan kota sehat tak semata-mata ditujukan untuk mengejar prestasi dan prestise penghargaan. Tetapi lebih mengedepankan pembangunan hidup sehat yang seutuhnya.

Dalam sejarah kompetisi kota sehat yang berlangsung sejak tahun 2005 lalu, Parepare tercatat telah empat kali meraih penghargaan kota sehat. Diawali pada tahun 2007, meraih penghargaan kota sehat level pemantapan (swasti saba padapa) dan pada tahun 2015 sukses merebut wistara yang merupakan penghargaan level puncak.

mahjong ways

Related Posts