Pertama Di Sulsel, Parepare Buka Layanan Tera Ulang

untuk anda yang berdomisili di daerah sekitar Parepare, tidak perlu lagi jauh jauh ke Makassar untuk mengurus pelayanan Tera Ulang alat ukur dan alat timbang yang ada miliki.

Pasalnya, Pemkot Parepare kini diberikan kewenangan oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia untuk memberikan Pelayanan Tera dan Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).

Launching UTTP yang dilakukan Pemkot Parepare melalui Bidang Metrologi Legal dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdaganagan Kota Parepare ini merupakan kali pertama di Sulsel yang dihadiri langsung Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, Direktur Kemetrologian Sulsel dan sejumlah Kepala Dinas Perdagangan di Sulsel, seperti Barru, Pinrang, Sidrap, Bone, dan Enrekang.

“Ini merupakan bentuk komitmen Pemkot Parepare memberikan perlindungan konsumen, perlindungan hak masyarakat. Ini pertama di Sulsel. Parepare sebagai daerah tertib ukur sebagaimana yang telah ditandatangani Menteri Perdagangan RI, olehnya itu pasar kita nantinya akan ada sarana tera ulang. Jadi konsumen atau masyarakat yang meragukan ukuran atau takaran yang dibeli bias klaim bias memanfaatkan sarana tera ulang yang kita siapkan,” ujar Taufan Pawe, Wali Kota Parepare kepada Jurnalis usai melaunching UTTP.

Sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat kata Taufan, Pemkot Parepare akan menyiapkan Pos-pos pelayanan Tera Ulang di semua pasar untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat akan haknya sebagai konsumen.

“Ini bentuk nyata perlindungan Pemkot kepada masyarakat kami, saya tidak akan tinggal diam terkait perilaku proses pedanganan atau pelaku usaha dan ini juga menyadarkan masyarakat akan haknya untuk kepastian hukum,” tegas Taufan.

Senada Taufan, Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare Amir Sabbi membenarkan, jika launching UTTP merupakan kali pertama di Sulsel. Mengenai kantor Pelayanan Tertib Ukur ini kata Amir Sabbi, beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, tepat di belakang Kantor Dinas Perdagangan Parepare.

“Kantornya ada di belakang Dinas Perdagangan. Kita juga siapkan pos-pos pelayanan Tera Ulang di semua pasar seperti yang dikatakan Pak Wali tadi,” ujar Mantan Kepala Dinas Perhubungan Parepare ini.

Dengan dilaunchingnya UTTP ini kata dia, dapat memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah, sebab fasilitas dan sarana UTTP tersebut bukan hanya berlaku bagi masyarakat Parepare tetapi juga daerah-daerah lain di Sulsel.

“Kalau sebelum launching ini, kita sharing PAD dengan Provinsi dengan alokasi 70 persen untuk Provinsi dan kita 30 persen, nah setelah launching ini, maka 100 persen PAD-nya untuk Parepare. Ini menandakan, PAD kita akan bertambah,” detil Amir Sabbi.

vegas138

Related Posts