Profile Jurusan Ilmu Politik

Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Bandung bertujuan menjadi program unggul dan kompetitif di Asia Tenggara pada tahun 2035, dengan fokus pada integritas moral dalam bidang ilmu politik. Misi dari program ini mencakup penyelenggaraan pendidikan politik yang komprehensif, mulai dari politik Indonesia, politik Islam, politik internasional, hingga politik lokal, serta pengembangan penelitian ilmiah yang relevan.

Dalam rangka mencapai misi tersebut, program ini juga berupaya menyebarluaskan hasil penelitian melalui program pelayanan masyarakat dan membangun kolaborasi strategis untuk pengembangan ilmu politik lebih lanjut. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam teori dan praktek ilmu politik tetapi juga mampu berkontribusi pada penelitian, pelayanan masyarakat, dan pengembangan kolaboratif di bidang ini.

Nilai-nilai yang ditekankan dalam program ini meliputi spiritualitas, intelektualitas, integritas, dan inovasi. Ini bertujuan untuk membentuk budaya akademik yang tidak hanya bermakna tetapi juga bermartabat, mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dengan pemahaman politik yang kuat dan etika yang tidak tergoyahkan.

Dengan kerangka kerja dan nilai-nilai tersebut, Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Bandung berusaha mencetak generasi baru ilmuwan politik yang tidak hanya unggul dalam keilmuan, tapi juga memiliki komitmen kuat terhadap pengembangan masyarakat dan integritas moral. Ini adalah upaya nyata dalam membentuk kepemimpinan regional yang berwawasan luas dan beretika dalam konteks Asia Tenggara.

Visi Program Studi Ilmu Politik

Unggul dan kompetitif dalam bidang Ilmu Politik berbingkai akhlak karimah di Asia Tenggara pada 2035

Misi Program Studi Ilmu Politik

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan bidang Ilmu Politik dalam konteks politik Indonesia, politik Islam, politik Internasional, dan politik lokal
  2. Mengembangkan kajian keilmuan bidang Ilmu Politik melalui kegiatan-kegiatan ilmiah dan penelitian
  3. Menyebarluaskan hasil kajian keilmuan bidang Ilmu Politik melalui program pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama strategis dalam pengembangan Ilmu Politik.

Narasi Visi

Visi Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Bandung menargetkan pencapaian keunggulan dan kompetitivitas di tingkat Asia Tenggara dengan berfokus pada nilai-nilai kemajuan, kompetensi, dan moral. Program ini menekankan pentingnya pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai aspek kunci dalam mencapai keunggulan yang distingtif. Dengan berkomitmen pada akhlak mulia, program studi ini mengutamakan pembentukan karakter mahasiswa yang jujur, taat aturan, cerdas, dan bertanggung jawab, sesuai dengan prinsip-prinsip yang diamanahkan oleh sistem pendidikan nasional.

Dalam upaya mencapai visi tersebut, program studi berambisi menjadi kompetitif dengan memiliki kelebihan dibandingkan dengan program studi serumpun lain, melalui unggulnya kinerja dalam bidang pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dikembangkan. Ini mencerminkan keinginan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mahir dalam teori dan praktik ilmu politik tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan kemampuan analitis yang tinggi.

Program studi ini juga menargetkan pengakuan dan prestasi di tingkat Asia Tenggara, dengan indikator seperti pengakuan prestasi dari lembaga berreputasi, kerjasama industri, dana penelitian regional, dan jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi di kawasan ini. Ini menunjukkan orientasi global dan regional dalam peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Melalui strategi dan nilai-nilai ini, Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Bandung berusaha menciptakan lingkungan akademik yang bermakna dan bermartabat, mempersiapkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam ilmu politik tetapi juga memiliki nilai dan sikap yang positif, mampu berkontribusi secara signifikan baik di tingkat nasional maupun regional Asia Tenggara.

Profile Lulusan Ilmu Politik

Profil lulusan Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung dirancang untuk meliputi empat peran utama :

  1. Peneliti Politik adalah sarjana sosial di bidang ilmu politik yang memiliki kemampuan untuk mengkaji permasalahan politik berdasarkan teori, perkembangan ide, dan etika politik. Mereka mampu mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal dan forum ilmiah, mencakup analisis lembaga politik, partisipasi warga, dan politik internasional.
  2. Analis Kebijakan Pembangunan memiliki keahlian dalam menganalisis dampak sosial dan ekonomi pembangunan, peranan lembaga politik, dan perubahan sosial terhadap pemerintahan dan partisipasi politik. Mereka juga mengidentifikasi kepentingan pembangunan dalam siklus kebijakan publik dan menganalisis kebijakan dengan metode kuantitatif dan kualitatif.
  3. Konsultan Politik adalah tenaga ahli dalam pembangunan politik dan pemerintahan, yang mampu memberikan konsultasi, merintis usaha di bidang politik elektoral, dan pendampingan kebijakan. Kompetensi ini memungkinkan mereka untuk berkontribusi pada strategi pemenangan politik dan pengembangan kebijakan pemerintah.
  4. Komunikator dalam bidang politik bertugas mengagregasi aspirasi masyarakat, mengartikulasikannya kepada pembuat kebijakan, dan memproduksi media politik. Mereka ahli dalam komunikasi strategis, memastikan bahwa aspirasi masyarakat diterjemahkan menjadi kebijakan yang efektif dan inklusif.

Lulusan diharapkan mampu mengkaji masalah politik secara mendalam, merancang dan mengevaluasi kebijakan pembangunan, memberikan konsultasi politik dan pembangunan, serta mengagregasi dan mengartikulasikan aspirasi masyarakat.